TV PANASONIC 2088 LAMPU LED KEDIP KEDIP

     Kemarin aku dapat panggilan tuk nyervice tv katanya tvnya mati setelah aku datangi ketempatnya ternyata ada 2 tv yang rusak satu panasonic yang rusaknya kedip kedip lampu lednya kayak mau hidup tapi mati lagi, kemudian yang satunya lagi tv aiwa kerusakan matot alias mati total.
     Langsung gak pakai lama aku buka tv panasonicnya kemungkinan rusaknya ringan, analisa awal ada pada bagian power suplaynya aku liat satu persatu elconya yang dapat output regulator masih ok semua gak ada yang melembung,aku lanjutin tuk ngecek tegangan suplaynya ternyata tegangannya naik turun. kalau rusak kayak gini menurut pengalaman atau insting seorang teknisi kerusakan kemungkinan dibagian primer regulator, disitu ad 2 elco 10uf/100v dan kalau gak salah 220uf/35v. aku cek satu persatu ternyata elco yang 10uf kapasitasnya kurang langsung aku ganti dan dinyalain langsung jreeeeeeeeng....... hidup. Lain lagi ni.......!, rusaknya sama tapi kerusakannya beda , tv nya juga panasonic model sama rusaknya juga sama yang diatas setalah dicek ternyata rusaknya hanya solderan atau jemper 115volnya solderannya hangus.
    Masih lanjutin yang diatas setelah panasonicnya selasai masih ada satu lagi nih tv aiwanya. langsung aku buka dan cek tegangan 115volt. pada pengecekan tegangan 115volt ini gak ada tegangan sama sekali,analisa awal kemungkina terjadi shot pada tegangan ini, langsung aku cek pakai tester ternyata shot bener. aku lepasin satu persatu solderan yang dapat tegangan 115volt terutama colektor transistor horisontalnya ternyata masih shot, lanjut ke flyback aku lepasin kaki b+, laaaaa... ini biangnya ternyata flybacknya yang shot. langsung saja aku carikan flyback ditoko, gak habis disitu aja ternyata flybacknya ditoko gak ada,gak pikir panjang aku bandrek flybacknya dengan 154-064P modif sedikit gak pa2 yang penting jadi. selesai pemasangan flyback aku hidupin tvnya jreenggggg.......! hidup deh. permasalahan gak disitu saja menurut yang punya katanya kalau diprogram katanya gak bisa nyimpen posisi mati bukan stanby. langsung aku ganti ic epromnya dan berhasil......!
    Untuk teman-teman mungkin kerusakan ini cukup sepele, ini sekedar untuk catatan aja dari pada gak ada yang di tulis.   SEMOGA SUKSES

1 komentar:

Andi

Tv saya LED panasonic 49 inch. Baru 2 minggu rusak.
Panasonic ternyata jelek banget.
Nyusahin, harus cari cari tukang service.
Kapok pake panasonic. Ga lagi lagi deh. Sumpah ngeselin

Posting Komentar